12 dapur cantik untuk hunian yang estetik dijamin ciamik!

12 Dapur Cantik untuk Hunian yang Estetik. Dijamin Ciamik!

Posted on

Desain dapur ternyata memiliki peran yang penting untuk menghadirkan kenyamanan saat Anda memasak. Berbagai model dapur cantik dapat memberi nilai estetika untuk ruangan di dalam rumah.

Selain itu, dapur cantik juga membuat dapur terlihat lebih rapi dan tertata. Sehingga dapur yang identik dengan kesan berantakan bisa terhindar. Anda bisa menambahkan rak-rak atau laci untuk menata barang-barang di dapur agar terlihat rapi.

Yuk, simak inspirasi 12 dapur nan cantik untuk referensi Anda di sini:

 

  1. Dapur Cantik ala Jepang

1

(Foto: Grundig.com)

 

Dapur ala Jepang sangat cocok diaplikasikan pada Anda yang menyukai nuansa Jepang. Aksen kayu warna coklat muda biasanya sering terlihat di dapur yang terinspirasi dengan gaya Jepang ini.

Selain itu, dapur gaya Jepang biasanya terlihat simpel, sederhana, dan minimalis. Jarang sekali terlihat dapur bergaya Jepang tampak berantakan atau ada banyak barang. Biasanya orang Jepang membuat laci-laci fungsional yang bermanfaat untuk menyimpan barang-barang.

 

  1. Dapur Cantik Minimalis

2

(Foto: Unsplash – Naomi Hebert)

 

Dapur minimalis hampir mirip dengan dapur ala Jepang. Namun dapur ini biasanya lebih dinamis dan fleksibel. Tidak bergantung pada satu material saja, Anda bisa menggabungkan aksen kayu dan dengan nuansa putih. Pemilihan warna-warna monokrom juga cenderung mempertegas kesan minimalis.

Dapur merupakan salah satu area di dalam rumah yang paling penting dan wajib diperhatikan keindahannya.

 

  1. Dapur Cantik Mediterania

3

(Foto: Pinterest.com)

 

Desain mediterania terkenal sebagai gaya desain campuran beberapa pengaruh negara di Eropa. Pengaruh gaya ini mudah diidentifikasi dan sangat tipikal digunakan sebagai pilihan gaya desain rumah-rumah di Eropa, khususnya Italia, Yunani dan Spanyol.

Gaya desain eklektik yang memadukan unsur modern membuat dapur tampak elegan. Gaya mediterania lebih dari sekadar mampu mengubah tampilan interior ruang dapur Anda semakin terlihat memesona. Ia juga mampu menyediakan fungsi dan unsur estetika sekaligus.

Kredit investasi bersifat produktif karena membantu individu atau korporasi untuk membangun usahanya dan diharapkan dapat membantu perekonomian negara.

 

  1. Dapur Cantik Bergaya Scandinavia

4

(Foto: Home Designing)

 

Gaya desain skandinavia merujuk kepada konsep desain yang berasal dari beberapa Negara Nordic, seperti Denmark, Norwegia, Swedia, Islandia dan juga Finlandia. Konsep interior skandinavia hadir dengan gaya clean dan simpel.

Gaya interior ini sangat cocok digunakan untuk hunian-hunian dengan luas terbatas. Anda bisa memilih keramik putih motif batu bata dan lantai kayu berwarna coklat muda terang. Dijamin, dapur akan tampak sangat cantik dan estetik.

 

  1. Dapur Cantik Aksen Kayu

5

(Foto: Unsplash – Gaurav Dhiman)

 

Sentuhan hangat bernuansa modern tampak indah pada dapur dengan nuansa kayu. Tekstur kayu yang hangat seperti lantai parket minimalis, membuat dapur terlihat modern dan unik. Kombinasi warna terang dan elegan menciptakan dapur bernuansa kayu minimalis di rumah.

Kombinasi kayu dengan warna putih gading pada dinding juga dapat menghasilkan suasana dapur yang terlihat elegan dan menarik. Adapun, kombinasi kayu dan putih gading juga dapat meningkatkan unsur bersih dan higienis pada dapur.

 

  1. Dapur Cantik Industrial

6

(Foto: Home Designing)

 

Industrial adalah salah satu gaya interior yang modern dengan ciri khasnya menggunakan palet monokrom. Gaya interior ini juga cenderung menggunakan material dan elemen yang berkesan unfinished.

Pada ruangannya, gaya desain ini biasanya menampilkan pipa dan kabel yang dibiarkan terlihat. Semen ekspos juga sering digunakan dalam gaya interior industrial, seperti yang bisa Anda lihat pada contoh gambar di atas.

 

  1. Dapur Cantik Nuansa Putih

7

(Foto: Unsplash – Simona Sergi)

 

Dapur bernuansa putih cenderung memberi kesan clean dan simpel. Seperti yang bisa Anda lihat pada contoh gambar di atas. Dapur dengan palet putih menghiasi hampir seluruh area ruangan. Dipadukan dengan lantai kayu coklat menambah kesan hangat dan estetik.

Penggunaan material marmer pada bagian dinding dapur, membuat dapur ini tampak mewah. Selain itu, tambahan alat elektronik seperti kulkas dan kompor dengan material berwarna silver menambah kesan elegan pada dapur.

 

  1. Dapur Cantik Monokrom

8

(Foto: Roohome.com)

 

Dalam mendesain dapur monokrom, pada umumnya Anda akan disarankan untuk mengurangi penggunaan warna hitam untuk menghindari kesan ruangan yang gelap dan sumpek. Namun Anda bisa bermain dan mengkombinasikan warna hitam dan putih dengan cerdik.

Seperti pada contoh di atas, di mana terlihat penggunaan warna hitam yang dominan pada seluruh permukaan lemari dan sisi-sisi meja dapur. Untuk menyeimbangkannya, tambahan warna putih pada permukaan dapur dinding, lantai, dan meja membuatnya terlihat menarik.

 

  1. Dapur Cantik Nuansa Hijau

9

(Foto: Healthyhouse.net)

 

Bisa secara tak langsung akan memberi efek menenangkan, meredakan stres, hingga meningkatkan perasaan bahagia. Warna hijau tua bisa Anda aplikasikan pada area dapur terutama di bagian lemari dan laci dapur.

Lalu, Anda bisa mengkombinasikannya dengan dinding keramik dapur kombinasi putih dan abu-abu. Dijamin, dapur akan terlihat mewah, elegan, dan estetik. Seperti yang bisa Anda lihat pada contoh di atas.

 

  1. Dapur Cantik Japandi

10

(Foto: Blanco-Indonesia.com)

 

Desain dapur lainnya yang bisa Anda terapkan adalah Japandi yang menggabungkan antara dua gaya berbeda, yakni Jepang dan skandinavia. Tren dapur cantik ini mengusung konsep hangat dengan estetika yang effortless.

Dengan gaya sederhana, dapur bergaya Japandi justru tampil menarik dengan unsur minimalisme. Pendekatan yang segar dan anti-monoton diperindah dengan eksekusi lemari dapur hemat tempat dan multifungsi.

 

  1. Dapur Cantik Open Space

11

(Foto: Realhomes.com)

 

Dapur open space menawarkan konsep ruangan dapur yang terbuka dan multifungsi. Biasanya model dapur ini bisa dimanfaatkan sebagai tempat memasak dan juga ruang makan keluarga. Desain dapur ini membuat area tampak lebih modern dan luas.

Konsep dapur open space memiliki banyak keunggulan dibanding dengan dapur biasa. Beberapa di antaranya adalah, ruang gerak yang lebih leluasa, sirkulasi udara yang lebih lancar, dan pencahayaan yang optimal.

 

  1. Dapur Cantik dengan Mini Bar

12

(Foto: Unsplash – R Architecture)

 

Bisanya untuk meningkatkan fungsi dapur banyak yang mencoba elemen seperti mini bar bergayaminimalis untuk memaksimalkan fungsi ruangan yang ada. Cara ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada hunian dengan luas yang terbatas.

Kehadiran mini bar dapur juga bisa mempercantik area dekorasi dapur sehingga terlihat mewah dan estetik. Anda juga bisa menambahkan lampu gantung di langit-langit mini bar. Jangan lupa untuk tambahkan tanaman hias di beberapa sudut dapur untuk mempercantik tampilannya.

 

 

Sumber  :  rumah.com