15 desain kolam ikan minimalis, taman rumah semakin adem dan asri

15 Desain Kolam Ikan Minimalis, Taman Rumah Semakin Adem dan Asri

Posted on

Kolam ikan adalah sarana yang efektif dalam menghias taman rumah. Selain menambah keindahan, kolam ikan juga mampu menciptakan suasana damai di sekitar rumah. Namun untuk menghasilkan nuansa yang adem dan asri, kita pastinya membutuhkan desain yang tepat.

Oleh karena itu, di sini telah sediakan beberapa desain kolam ikan minimalis paling keren khusus untuk kalian yang berencana membangun kolam ikan di rumah. Penasaran apa saja? Yuk simak ulasan berikut.

1. Makin Asri dengan Kolam Ikan Full Vegetasi

15 desain kolam ikan minimalis, taman rumah semakin adem dan asri 1

Menyiasati area samping rumah yang mati, desain kolam ikan berikut hadir sebagai solusi tepat dan tidak memakan banyak tempat. Ia dibangun rendah dengan bentuk mulut yang berkelok untuk menciptakan kesan natural.

Gunakan hiasan batu dan mesin pompa air untuk menciptakan air terjun mini di samping kolam. Tambahkan vegetasi rindang di sekelilingnya supaya kian asri dan segar.

2. Wujudkan Suasana Rural Melalui Gentong Air Mancur

15 desain kolam ikan minimalis, taman rumah semakin adem dan asri 2

Desain kolam ikan berikut di dibangun di pinggir halaman dan memiliki bentuk persegi panjang yang minimalis. Ia dihiasi oleh pancuran air berbentuk gentong pada sisi kanan dan kirinya.

Pancuran berikut mengingatkan kita pada nuansa pedesaan yang alami lagi harmonis, yang mana hal tersebut menyuguhkan atmosfer damai di sekitar kolam. Tambahkan tumbuh-tumbuhan di mulut kolam untuk memeriahkan pemandangan.

3. Let’s Back to Nature

15 desain kolam ikan minimalis, taman rumah semakin adem dan asri 3

Punya dapur model terbuka seperti di atas? Halaman kosong di dekatnya bisa Kamu isi dengan kolam ikan berdesain keren berikut ini.

Terinspirasi dari wujud asli air terjun di alam liar, kolam ikan berikut menawarkan visual yang nyata melalui bebatuan asimetris dan tumbuhan ‘liar’ di sela-sela batunya. Air terjunnya berundak tiga dengan kolam ikan yang berukuran kecil di bawahnya.

4. Kolam Ikan di Samping Teras

15 desain kolam ikan minimalis, taman rumah semakin adem dan asri 4

Bila kebetulan kamu punya area teras yang lebar, tak ada salahnya mencoba desain kolam ikan berikut. Letaknya yang dekat dengan area duduk akan menjadi pemandangan menyegarkan saat Kamu menikmati waktu di teras atau jika ada tamu berkunjung.

Tanpa desain aneh-aneh, kolam ini cukup simpel dengan bentuk persegi panjang dan dinding kolam yang dilapisi keramik. Agar makin menarik tambahkan pula pancuran air disekitarnya.

5. Kolam Ikan Manis Berpagar Mini

15 desain kolam ikan minimalis, taman rumah semakin adem dan asri 5

Menawarkan kesegaran yang hakiki, kolam ikan berikut bekerja dengan sangat baik memperindah area di sekitarnya. Dipenuhi oleh beragam tanaman hijau yang fresh, keberadaan kolam ikan di sini memberikan efek estetika yang luar biasa.

Kolam koi di atas tampak sangat manis dipadukan dengan pagar putih di sampingnya. Ini dipercantik dengan adanya tanaman berjenis pandan-pandanan yang menjuntai di bagian atasnya.

6. Kolam Koi Cantik Plus Gentong di Depan Rumah

15 desain kolam ikan minimalis, taman rumah semakin adem dan asri 6

Airnya penuh sampai ke ujung. Desain kolam ikan minimalis berikut terlihat cantik & satisfying dengan ikan koi warna-warni sekaligus air kolam yang penuhnya sampai di ambang.

Bila tadi gentong pancurannya miring, yang ini sengaja diletakkan tegak di tengah-tengah untuk menghadirkan visual yang cantik dan memikat.

7. Kolam Ikan Minimalis dengan Jembatan Kayu dan Tanaman Hidroponik

15 desain kolam ikan minimalis, taman rumah semakin adem dan asri 7

Menyuguhkan pemandangan klasik nan elegan, kolam ikan berikut dilengkapi dengan jembatan kayu berkerangka besi di tengah-tengah kolam. Ini bisa dipraktekkan bila Kamu ingin menyambut tamu yang datang dengan pemandangan kolam yang indah.

Tapi tak hanya sebagai keindahan saja, kolam ikan ini juga bisa dimanfaatkan untuk meletakkan tanaman hidroponikmu. Dengan begini, suasana kolam pun akan terasa semakin asri dan rindang.

8. Kolam Unik dengan “Jalan Mengambang’

15 desain kolam ikan minimalis, taman rumah semakin adem dan asri 8

Kolam ikan berikut dibangun meluas memenuhi area belakang rumah. Bagian sampingnya dipenuhi oleh bebatuan sungai dan tumbuh-tumbuhan cantik yang lebat lagi beragam.

Nuansa alami tersebut dilengkapi dengan tampilan unik dari batu pijakan yang terlihat mengambang dan berserakan. Model jalan yang tidak biasa ini berhasil menciptakan sebuah kolam ikan yang memikat mata.

9. Kolam Ikan di Lubang Lantai?

15 desain kolam ikan minimalis, taman rumah semakin adem dan asri 9

Desain anti-mainstream di atas menyuguhkan pemandangan keren layaknya genangan air di lubang lantai. Lantainya dipotong secara asimetris untuk meghadirkan kesan alami.

Sedangkan untuk dinding kolamnya, si pemilik memakai bebatuan sungai warna-warni agar visual kolam semakin menarik dan natural. Lengkapi sekelilingnya dengan tanaman semak-semak pendek colorful yang cantik.

10. Tempat Bersantai Nyaman dengan Ikan Kesayangan

15 desain kolam ikan minimalis, taman rumah semakin adem dan asri 10

Kolam minimalis berikut menyediakan area duduk yang nyaman tepat di pinggir kolam. Kamu bisa duduk lesehan sambil menikmati pemandangan menentramkan dari ikan-ikan yang hilir mudik.

Dari sisi artistiknya sendiri, kolam ikan di atas menggunakan pancuran air berbahan batu yang menambah kesan eksotis kolam. Makin rindang, ditambahkan pula dengan pot-pot tanaman di sekelilingnya.

11. Kolam Ikan Koi di Samping Pagar

15 desain kolam ikan minimalis, taman rumah semakin adem dan asri 11

Disapa ikan-ikan cantik saat membuka pagar halaman? Ide berikut sangat cocok untuk dieksekusi bila Kamu bingung mendesain area depan rumah seperti apa.

Dibangun di pojokan depan rumah, kolam ikan ini memiliki sebuah pancuran batu yang tampak simpel dan elegan. Pinggirannya ditanami dengan tumbuhan hijau lebat yang menyegarkan.

12. Kolam Ikan Minimalis dengan Pijakan Kayu

15 desain kolam ikan minimalis, taman rumah semakin adem dan asri 12

Dengan ukuran yang setinggi pinggang, kamu bisa duduk nyaman di pinggiran kolam. Terdapat tangga untuk naik ke area lantai kayu di sisinya. Hal ini akan memudahkanmu saat hendak memberi makan si ikan-ikan. Ide yang bagus untuk memperindah suasana taman rumah.

13. Kolam Ikan & Jembatan Kayu dengan Kerikil di Sekelilingnya

15 desain kolam ikan minimalis, taman rumah semakin adem dan asri 13

Ciptakan area damai di belakang rumah melalui desain di atas. Menyuguhkan tampilan simpel yang manis, kolam ikan berikut dilengkapi dengan jembatan kayu minimalis serta batu-batu kerikil di sekelilingnya.

Pemandangan kolam ikan semakin diperindah dengan keberadaan bunga-bunga hias yang tertata rapi di samping kolam. Asri dan cantik.

14. Kolam Ikan di Bawah Lantai Kaca

15 desain kolam ikan minimalis, taman rumah semakin adem dan asri 14

Ide menarik lainnya yang bisa Kamu terapkan adalah desain kolam ikan di bawah lantai laca seperti gambar berikut. Pasti kece nih kalau Kamu punya akuarium bawah lantai di dalam rumah.

Karena wujudnya tertutup, Kamu perlu memperhitungkan sirkulasi udara supaya ikan-ikannya tidak mati. Tambahkan pula cahaya buatan agar kolam ikan tampak lebih hidup dan memukau.

15. Kolam Ikan Pancuran Unik di Samping Tangga

15 desain kolam ikan minimalis, taman rumah semakin adem dan asri 15

Saat ini desai-desain pancuran air sudah beragam bentuknya. Tinggal pilih mana yang sesuai selera. Misalnya pancuran unik berikut, di mana wujudnya adalah gentong pecah yang berisi gentong-gentong anakan. Dekorasi yang pas melengkapi kolam ikan di samping tangga berikut.

Demikianlah rekomendasian kami mengenai desain kolam ikan minimalis. Untuk ulasan lainnya mengenai desain rumah, kunjungi terus website Temonggo yang selalu menyediakan artikel ter-update dan bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Sumber : Temonggo.com