SEKITARSEMARANG – Apakah kamu tahu, ada beberapa makanan yang disebut sebut bisa memberikan kita semua umur yang panjang? Dengan rajin memakan makanan tersebut dipercaya bisa memberikan kesehatan jasmani agar terhindar dari penyakit yang bisa memperpendek umur manusia.

Diketahui bahwa umur panjang telah menjadi topik penelitian yang menarik bagi banyak ilmuwan dan ahli gizi. Berbagai studi telah menunjukkan bahwa pola makan tertentu bisa berkontribusi terhadap umur panjang dan kesehatan yang lebih baik. Dari sini kita akan membahas lima makanan yang sering dikaitkan dengan umur panjang dan alasan di balik manfaat kesehatannya.

1. Sayuran Hijau Berdaun

https://sekitarsemarang.com/

Sayuran hijau berdaun seperti bayam, kale, dan sawi hijau kaya akan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Antioksidan, seperti vitamin C dan E, serta flavonoid dan karotenoid, dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Konsumsi sayuran hijau berdaun telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan beberapa jenis kanker. Diet yang kaya akan sayuran hijau juga dikaitkan dengan penurunan risiko penurunan kognitif yang terkait dengan usia.

2. Ikan Berlemak

https://sekitarsemarang.com/

Ikan berlemak seperti salmon, makarel, dan sarden adalah sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik. Asam lemak omega-3 EPA dan DHA memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk properti anti-inflamasi, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Studi epidemiologi menunjukkan bahwa populasi yang mengonsumsi ikan sebagai bagian dari diet sehari-hari mereka, seperti di Jepang dan Mediterania, cenderung memiliki umur panjang dan tingkat penyakit jantung yang lebih rendah.

3. Kacang-kacangan

https://sekitarsemarang.com/

Kacang-kacangan, termasuk kacang almond, kenari, dan kacang mede, adalah sumber protein nabati yang kaya, serat, dan lemak sehat, serta vitamin dan mineral penting seperti magnesium dan vitamin E. Konsumsi kacang-kacangan telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, obesitas, dan diabetes. Selain itu, kacang-kacangan memiliki kandungan antioksidan yang mungkin memainkan peran dalam memerangi kerusakan oksidatif.

4. Biji-bijian Utuh

https://sekitarsemarang.com/

Biji-bijian utuh seperti quinoa, barley, dan oat mengandung serat larut dan tidak larut, yang keduanya sangat penting untuk kesehatan pencernaan. Serat juga membantu mengatur kadar gula darah dan kolesterol, yang bisa mengurangi risiko penyakit kronis. Studi menunjukkan bahwa diet yang mengandung biji-bijian utuh dapat membantu meningkatkan umur panjang dengan mengurangi risiko penyakit terkait usia seperti penyakit kardiovaskular dan kanker.

5. Teh Hijau

https://sekitarsemarang.com/

Teh hijau telah lama dikonsumsi di negara-negara seperti Jepang, tempat umur panjang penduduknya sangat terkenal. Teh hijau kaya akan polifenol seperti catechins, yang memiliki properti antioksidan yang kuat. Epigallocatechin gallate (EGCG) adalah catechin yang paling banyak diteliti dalam teh hijau dan telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk potensi untuk meningkatkan metabolisme dan membantu mencegah penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

Meskipun makanan ini telah dikaitkan dengan umur panjang, penting untuk diingat bahwa tidak ada satu makanan ajaib yang dapat menjamin umur panjang. Umur panjang biasanya merupakan hasil dari kombinasi faktor gaya hidup, termasuk pola makan seimbang, aktivitas fisik yang teratur, manajemen stres yang baik, dan genetika. Mengonsumsi makanan yang beragam dan seimbang yang mencakup kelima makanan di atas bisa menjadi bagian dari pendekatan holistik untuk mendukung kesehatan yang baik dan mungkin berkontribusi terhadap umur panjang. Selalu penting untuk konsultasi dengan profesional kesehatan sebelum melakukan perubahan signifikan pada pola makan.