Desain tanpa judul (2)

7 Ide Cara Menata Ruang Tamu Sekaligus Ruang Keluarga

Posted on

Pada rumah tipe 36 dan sejenisnya, banyak ruang tamu yang merangkap jadi ruang keluarga. Penataan ini tentu akan menghemat tempat dan membuat satu ruang lebih fungsional.

 

Ruang tamu yang merangkap ruang keluarga, baiknya didesain dengan nuansa yang lebih santai. Kesan santai akan membuat tamu atau penghuni jadi merasa lebih cozy saat berada di ruang tamu. Selain itu ada beberapa tips yang perlu dilakukan agar ruang tamu + ruang keluarga ini jadi makin terlihat menarik dan tidak sumpek. Simak tips lengkapnya dalam 7 Ide Cara Menata Ruang Tamu Sekaligus Ruang Keluarga.

 

  1. Sediakan Media Hiburan

1

cr:instagram/griyoherfi

 

Untuk membuat ruang tamu sekaligus ruang keluarga, Anda bisa menyediakan media hiburan, seperti TV. TV bisa menjadi media untuk berkumpul bersama di ruang tamu sambil menonton acara favorit keluarga. Pasang TV di area yang tidak mengganggu akses berjalan, misalnya secara khusus membuat rak backdrop TV di dinding. Ruang tamu dengan nuansa cokelat, putih dan tambahan TV tetap memberikan kesan semi formal yang tetap elegan.

 

  1. Pilihan Warna yang Lembut

2

cr:instagram/rumahpinkyira

 

Bila ruang tamu formal dijadikan tempat bersantai, rasanya pasti kaku dan tidak menyenangkan. Berikan sentuhan warna yang lebih cerah untuk mencairkan suasana di ruang tamu. Anda bisa memilih furnitur kain, berupa tirai, karpet, taplak sampai sarung cushions dalam warna pastel lembut yang cerah. Dengan begitu, ruangan akan terasa santai dan cocok sebagai ruang keluarga.

 

  1. Pilihan Sofa Memanjang yang Multifungsi

3

cr:instagram/adhe_rasyha

 

Pilihan sofa harus dipertimbangkan dengan matang. Pada rumah minimalis, Anda bisa memilih model sofa memanjang seperti ini. Sofa memanjang akan memungkinkan lebih banyak ruang duduk untuk tamu. Model sofa ini juga sangat pas dijadikan alas duduk untuk menonton TV. Anda bisa rebahan santai sambil menonton TV di ruang tamu plus ruang keluarga.

 

  1. Hangatkan dengan Karpet Lembut

4

cr:instagram/yuliaulva

 

Jangan sampai tamu atau Anda merasa kedinginan saat menginjak kaki di lantai ruang tamu. Anda bisa melapisi lantai keramik dengan karpet minimalis seperti di atas. Ukuran karpet cukup besar yang bisa menutup area tepat di bawah sofa. Sehingga, kaki tidak merasa dingin dan kesat saat menginjaknya. Warna karpet bisa dipilih dalam warna yang kontras untuk melengkapi tampilan ruang tamu.

 

  1. Model Ruang Tamu sebelah Ruang Keluarga

5

cr:instagram/homamemoo

 

Bila tak ingin ruang tamu terkesan banyak barang, area hiburan keluarga bisa ditata tepat di sebelahnya. Model ruang keluarga lebih sederhana, dengan hanya karpet, kursi sandar dan TV set lengkap. Pengaturan seperti ini lebih fleksibel, saat tamu atau kerabat berkunjung, si kecil masih bisa menonton acara kartun mereka di sebelah ruang tamu.

 

  1. Penataan Sederhana dengan Nuansa Adem

6

cr:instagram/rumahpojok88

 

Ruang tamu plus ruang keluarga bisa tampil asri seperti ini. Model sofa leather dalam warna cokelat tampak harmonis dengan lantai, karpet juga meja televisi di depannya. Posisi ruang tamu juga menghadap langsung ke arah kebun, sehingga saat pintu dibuka ruangan akan terasa lebih sejuk dan segar. Anda pun bisa mendapatkan ruang tamu yang cozy layaknya nuansa pedesaan.

 

  1. Dekorasi yang Menyemarakkan

7

cr:instagram/umi_audya_pridita

 

Ruang tamu dan ruang keluarga ini tidak terkesan kaku, dengan adanya berbagai dekorasi ruang. Karena ruangan cukup kecil, dekorasi pun dipilih dalam ukuran yang ramping/tidak boros tempat, misalnya tanaman hias dan hiasan dinding. Posisi ruang tamu juga menyatu dengan area pantry, sehingga saat tamu berkunjung, Anda bisa lebih cepat menyajikan minuman ke ruang tamu.

 

Itulah 7 Ide Cara Menata Ruang Tamu Sekaligus Ruang Keluarga. Anda bisa membuat ruang tamu dan ruang keluarga tampil nyaman, tanpa terlihat penuh dan sesak. Semoga informasi ini bermanfaat. Bagikan kepada sekeliling Anda!

 

Sumber: Helloshabby.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *