Desain tanpa judul (4)

7 Ide Ruang Tamu dan Dapur Tanpa Sekat, Hunian Jadi Lebih Lega

Posted on

Pada beberapa tipe rumah memang ada desain ruang terbuka yang menyatukan ruang dan dapur tanpa sekat. Ruangan tanpa sekat akan membuat ruangan terkesan lebih lega. Meski begitu, desain tata letak furnitur dan dekorasi harus diperhatikan dengan matang supaya area tersebu tidak terkesan sumpek dan sesak.

 

Nah, bila Anda sedang mencari inspirasi penataan ruang tamu dan dapur yang berada pada satu area. Anda bisa menyimak inspirasi menarik tentang 7 Ide Ruang Tamu dan Dapur Tanpa Sekat, Hunian Jadi Lebih Lega.

 

Pilih Tema Warna Hitam dan Putih

1

instagram/homemamica

 

Anda bisa menyulap ruang tamu dan dapur tampil kekinian seperti ini. Terapkan tema spesifik agar tampilan kedua tempat ini tampak harmonis, walau berbeda secara fungsi. Misalnya, memilih sofa hitam dan mendesain meja dapur dan pernak-perniknya dalam warna senada. Ruangan tanpa sekat ini masih dipisahkan oleh meja bar dapur sebagai pembatas ruangan. Meja bar memiliki desain unik yang menambah visualisasi menarik di area ini.

 

Ruang Tamu dan Dapur pada Rumah Mezzanin

2

instagram/indriyhome

 

Rumah dengan lantai mezzanin sangat khas akan nuansa keterbukaan dan keleluasaanya. Maka, tak heran bila ruang tamu dan dapur diletakkan tanpa sekat atau dinding solid seperti di atas. Konsep ruang tamu dan dapur tanpa sekat bisa membawa beberapa kelebihan. Selain membuat hunian terasa lega, kebersamaan dan komunikasi bisa selalu terjalin dari dua area tersebut. Desain seperti ini juga cocok kala Anda harus memasak sambil mengawasi si kecil menoton TV.

 

Biarkan Dinding dan Plafon dalam Warna Putih

3

instagram/rinalatif22

 

Satu ruang terbuka yang dijadikan untuk lebih dari satu fungsi ruang memang lebih efisien. Anda bisa memilih set furnitur besar bila ruangan juga cenderung luas seperti ini. Agar tak terkesan sumpek, pilih warna dinding dan plafon dalam warna netral atau polos. Dinding dan plafon ini akan jadi background dan penghubung visualisasi, agar ruang tamu dan dapur tanpa sekat tidak terlihat bertabrakan konsep satu sama lain.

 

Gunakan Mini Bar Sebagai Penghalang & Pembatas

4

instagram/susihandayani80

 

Banyak desain dapur masa kini yang juga dilengkapi dengan sebuah mini bar. Mini bar biasanya dibangun di depan area dapur, sebagai tempat sarapan, meja menikmati kopi dan lain sebagainya. Mini bar ini juga bisa memberi sedikit privasi saat Anda hendak menyuguhkan jamuan pada tamu.

 

Ide 3 Ruang Tanpa Sekat

5

instagram/rumahmepetbsd

 

Satu ruangan memanjang dengan lebar 2.8 meter ini bisa digunakan sebagai 3 ruang sekaligus, yaitu ruang tamu, ruang makan dan dapur. Ketiga area ini tidak terpisahkan oleh partisi atau sekat solid lainnya. Dengan model furnitur yang ditata merapat ke dinding, membuat ruangan ini tetap terlihat lapang. Ketiga ruang ini tetap memberikan atmosfir yang berbeda dengan pemakain furnitur dan dekorasi yang berbeda satu sama lain.

 

Ruang Tamu dan Dapur Terbuka untuk Ruangan Loft

6

instagram/ruangtamuimut

 

Desain ruang seperti ini akan sering dijumpai pada desain apartemen atau tiny house dengan loft. Pada lantai mezzanin atau lantai loft sengaja dibuat khusus untuk area ruang tidur. Untuk penghematan ruang, area ruang tamu bersebelahan langsung dengan dapur tanpa adanya sekat pemisah. Desain dapur memiliki layout L dengan bagian sisi meja dapur yang berfungsi sebagai pembatas ruangan.

 

Menambahkan Partisi Minimalis

7

instagram/nindysasmita

 

Konsep ruangan tanpa sekat bukan berarti ruangan yang benar-benar kosong tanpa adanya penghalang. Anda bisa menggunakan rak partisi minimalis sebagai pembatas dan penghalang dapur dan ruang tamu tanpa sekat. Partisi ini akan memberi sedikit privasi dan estetika pada ruang tamu. Aktivitas di dapur tidak terlalu terlihat dengan penambahan partisi minimalis bernuansa pink yang senada dengan konsep interior.

 

Terimakasih telah menyimak artikel 7 Ide Ruang Tamu dan Dapur Tanpa Sekat, Hunian Jadi Lebih Lega sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat.

 

Sumber: Helloshabby.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *