7 tanaman hias hidroponik yang cocok untuk menghias rumah

7 Tanaman Hias Hidroponik yang Cocok untuk Menghias Rumah

Posted on

Dewasa ini, elemen air lebih mudah untuk didapatkan daripada tanah gembur, terutama bagi kita yang hidup di tengah kota padat. Oleh karenanya, menghadirkan tanaman  hidroponik bisa jadi alternatif bercocok tanam di rumah.

 

Selain sayuran hidropinik, ternyata ada juga beberapa tanaman hias yang bisa ditanam dengan cara hidroponik lewat medium air dan pot yang sesuai. Tanaman hias hidroponik ini bisa diletakkan di beberapa sudut rumah sebagai elemen dekorasi alami yang segar dan cantik. Lalu, apa saja tanaman hias yang bisa ditanam secara hidroponik? Simak jawabannya dalam ulasan 7 Tanaman Hias Hidroponik yang Cocok untuk Menghias Rumah.

 

  1. Anturium Hidroponik yang Cantik dan Segar

1

cr:instagram/anysplants

 

Anturium juga bisa hidup dalam media air seperti ini. Untuk cara tanam hidroponik juga cukup mudah, pastikan akar anturium benar-benar bersih dari tanah supaya akar tidak membusuk di dalam air. Kemudian, tempatkan anturium dalam media vas transparan berisi supaya memungkinkan Anda untuk melihat tanaman tumbuh dan menyegarkan ruangan.

 

  1. Lucky Bamboo (Bambu Hoki) Hidroponik

2

cr:instagram/elssukma

 

Tanaman yang tampak seperti bambu mini ini bisa tumbuh dalam media apa pun. Namun, kebanyakan ditanam secara hidroponik agar terlebih lebih segar dan unik. Meskipun mini, bambu hoki termasuk tanaman yang tidak mudah mati, jadi sangat pas untuk Anda yang ingin tanaman hias hidroponik yang mudah dirawat dan praktis.

 

  1. Sirih Gading dalam Pot-pot Mini

3

cr:instagram/hariku_bahagia

 

Sirih gading jadi tanaman hidroponik yang mudah untuk diperbanyak. Anda tinggal memotong sebagian dahan, kemudian membiarkannya tumbuh kembali di dalam air. Tanaman ini juga bisa diletakkan dalam botol bekas atau pot-pot transparan yang mini seperti di atas. Sirih gading hidroponik juga lebih praktis, Anda jadi tak harus menyiraminya secara berkala.

 

  1. Lidah Buaya Hidroponik dalam Pot Berwarna Emas

4

cr:instagram/homebeyondsthewood

 

Lidah buaya ternyata juga bisa ditanam secara hidroponik dengan media arang sekam. Cara perawatannya juga tidak sulit, pastikan saja menjaga kelembapan dan nutrisi di air. Tanaman ini bisa diletakkan dalam media pot berwarna emas untuk memberikan tampilan yang lebih elegan.

 

  1. Peace Lily dan Ikan Betta

5

cr:instagram/llcoolplants

 

Peace lily jadi tanaman hias yang cukup populer di manca negara. Ini karena daunnya yang rimbun juga bunga-bunga putih yang bisa bermekaran. Peace lily pun mudah ditanam dengan media hidroponik. Usahakan memilih vas dengan leher tipis supaya dapat tumbuh tegak. Percantik dengan meletakkan batuan biru atau jadikan sebagai habitat ikan bettas (cupang).

 

  1. Tanaman Bunga Matahari Hidroponik

6

cr:instagram/oisch1

 

Sama seperti lidah buaya, bunga matahari juga bisa ditanam secara hidroponik dengan media arang sekam.  Anda bisa meletakkan tanaman bunga matahari hidroponik dalam pot-pot kaca yang cukup untuk menopang akar tanaman. Tempatkan dekat jendela atau tempat dengan pencahayaan yang cukup supaya dapat berbunga.

 

  1. Bunga Hyacinth yang Harum

7

cr:instagram/sacred.flower.of.the.incas

 

Bunga hyacinth adalah tanaman yang sangat harum dan indah saat diletakkan dalam vas transparan berisi air. Tanaman ini bisa digunakan untuk menghias kamar tidur, ruang tamu dan lainnya. Cara menanam bunga ini juga cukup mudah. Anda hanya perlu merendam akar tanaman dalam pot atau vas bening berisi air. Usahakan agar umbi akar tidak ikut terendam air.

 

Terimakasih telah menyimak artikel 7 Tanaman Hias Hidroponik yang Cocok untuk Menghias Rumah  sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat.

 

Sumber: Helloshabby .com