Desain tanpa judul (1)

7 Tips Membuat Rumah Minimalis dengan Budget Pas-pasan

Posted on

Memiliki hunian sendiri dengan desain yang menawan dan tentunya nyaman menjadi impian bagi setiap orang. Tetapi kendala dari segi finansial menjadi salah satu kendala yang sering ditemukan. Anda tidak perlu berkecil hati, terdapat beberapa cara jitu yang bisa anda terapkan untuk menyiasati budget yang terbatas. Pastikan untuk memilih lahan ukuran tidak terlalu besar, sehingga biaya yang dikeluarkan pun tidak terlalu besar.

 

Dengan menerapkan tips dan strategi yang tepat meski dengan lahan yang kecil, anda yang memiliki budget pas-pasan pun bisa memiliki rumah impian yang penuh dengan kenyamanan. Berikut ini adalah 7 tips membuat rumah minimalis dengan budget pas-pasan yang bisa anda cermati sebagai pedoman untuk membangun rumah idaman.

 

Desain ruang tamu sekaligus ruang keluarga

7 tips membuat rumah minimalis dengan budget pas pasan 1

 

Tips pertama untuk membantu anda dalam menghemat budget yang terbatas yakni anda harus menerapkan desain rumah minimalis yang akan membantu memaksimalkan potensi di setiap ruangan yang tersedia.

 

Inspirasi ruang tamu berikut ini difungsikan sekaligus ruang keluarga atau ruang TV. Sehingga selain menghemat ruang yang tersedia, anda pun juga semakin hemat biaya dan juga waktu. Karena furnitur yang digunakan pun tentu akan berkurang.

 

Konsep interior open space

7 tips membuat rumah minimalis dengan budget pas pasan 2

 

Memiliki rumah dengan lahan yang terbatas, dengan menerapkan konsep open plan menjadi salah satu cara jitu untuk menyiasati setiap ruangan agar terlihat lebih luas. Bagi anda yang tertarik menerapkannya di rumah, ruang tamu sekaligus ruang keluarga, ruang makan, hingga dapur didesain dalam satu ruangan tanpa sebuah sekat. Nah untuk membedakan setiap ruangan, tinggi lantai pun bisa anda buat berundak seperti pada desain diatas. Sangat fungsional bukan?

 

Penggunaan furnitur yang Multifungsi

7 tips membuat rumah minimalis dengan budget pas pasan 3

 

Masuk kedalam ruangan yang memiliki tingkat privasi lebih yaitu kamar tidur. Desain kamar tidur ini memiliki ukuran 3×3 meter tapi tetap terasa lapang dengan pemilihan furnitur hingga tata letak interior yang pas.

 

Untuk membantu anda dalam memaksimalkan ruangan, pastikan untuk memilh furnitur yang multifungsi seperti tempat tidur dengan fitur kabinet dibagian bawah. Dengan begitu anda pun bisa menggunakannya untuk menyimpan berbagai barang-barang. Ruangan pun akan terlihat lebih terorganisir dan bersih.

 

 Kamar mandi dengan pembatas tirai

7 tips membuat rumah minimalis dengan budget pas pasan 4

 

Apabila anda menginginkan desain kamar mandi modern yang terdiri dari area shower dan area kloset. Untuk memisahkan antara kedua ruangan ini daripada menggunakan pembatas kaca atau material lainnya yang memiliki harga cukup mahal, anda bisa menggantinya dengan tirai. Shower curtain menjadi solusi terbaik bagi anda yang ingin mendesain kamar mandi lebih menarik. Motif tirai kamar mandi pun bisa anda pilih sesuai dengan selera atau konsep kamar mandi.

 

Ruang laundry yang sejuk

7 tips membuat rumah minimalis dengan budget pas pasan 5

 

Keberadaan taman di dalam rumah terbukti bisa membuat suasana ruangan yang lebih menyegarkan. Beberapa jenis tanaman juga memiliki kemampuan sebagai filter udara yang baik, sehingga udara pun menjadi lebih bersih dan sehat. Taman indoor kali ini didesain menyatu dengan area cuci jemur. Proses mencuci dan mengeringkan baju pun akan lebih menyenangkan dengan view taman yang cantik.

Untuk desain atap, pemilik menggunakan atap transparan yang memungkinkan pencahayaan alami bisa masuk secara maksimal di dalam ruangan. Anda bisa memilih material polykarbonat yang memiliki visual seperti kaca tapi memiliki harga yang lebih ekonomis.

 

Dapur dengan kitchen set model L dengan jendela

7 tips membuat rumah minimalis dengan budget pas pasan 6

 

Interior dapur bergaya minimalis ini menggunakan tema monokrom hitam dan putih yang berhasil membuat tampilan yang lebih modern. Untuk menyiasati ukuran dapur yang mungil, anda bisa memilih kitchen set model L. Sehingga anda pun lebih nyaman dan leluasa bergerak saat di dapur.

 

Dapur ukuran 2×2 meter ini dilengkapi dengan fasilitas jendela, sehingga anda pun tidak memerlukan cooker hood dan exhaust fan karena asap memasak akan segera ternetralisir.

 

Penggunaan warna netral

7 tips membuat rumah minimalis dengan budget pas pasan 7

 

Tips terakhir untuk mendesain rumah minimalis adalah dengan membatasai palet warna yang digunakan. Anda bisa memilih warna-warna netral seperti putih, abu-abu hingga warna kayu netral yang menjadikan suasana ruangan lebih homey. Desain interior yang dipenuhi dengan warna terang pun akan tampil lebih rapi dan terorganisir.

Ruang makan didesain minimalis diatas cocok untuk anda pasangan baru menikah atau sebuah keluarga kecil yang bahagia.

 

Itulah beberapa tips membuat rumah minimalis dengan budget pas-pasan yang bisa menginspirasi anda. Semoga informasi diatas anda bermanfaat bagi anda yang berencana atau akan membangun sebuah rumah impian.

 

Sumber: Helloshabby.com