7 trik cermat untuk ruang tamu kecil jadi lebih luas

7 Trik Cermat Untuk Ruang Tamu Kecil Jadi Lebih Luas

Posted on

Saat ini hunian kecil memang jadi pilihan banyak orang karena ukurannya pas untuk keluarga baru menikah hingga investasi di masa mendatang. Memiliki hunian yang kecil pun harus siap jika interior ruangnya akan berukuran kecil pula termasuk ruang tamu. Tapi ini bukan masalah untuk anda khawatirkan saat ingin mendekorasi interiornya jadi lebih luas dan cantik. Apalagi ruang tamu merupakan ruangan yang paling penting di rumah untuk menerima tamu hingga area fungsional lain untuk ruang keluarga. Untuk mendekorasi ruang tamu yang kecil, anda bisa simak 7 Trik Cermat Untuk Ruang Tamu Kecil Jadi Lebih Luas di bawah ini:

 

Pilih ruang tamu dengan sofa yang tepat

1

rumahcaca

 

Hal penting di ruang tamu adalah adanya sofa yang kegunaannya untuk tempat duduk. Selain itu juga sebagai pelengkap ruangan yang sangat mendominasi. Dengan ukuran yang kecil, ruang tamu kali ini cukup anda lengkapi dengan sofa minimalis beserta coffee table serupa. Sementara dekorasinya, gunakan dekorasi minimalis seperti cermin untuk membuat ruangan tampak lebih lapang. Jangan lupa untuk mengukur besar kecilnya sofa agar sesuai dengan ukuran ruang tamu yang ada, sehingga sofa tetap pas saat dimasukkan ke dalam rumah.

 

Tempatkan perabot serta dekorasi seperlunya saja

2

rumah_shie

 

Untuk mendekorasi ruang tamu yang kecil, memilih dekorasi dan perabot di ruang tamu perlu di sesuaikan dengan ukurannya. Apalagi ruang tamu di rumah terbilang cukup kecil dan tidak memungkinkan untuk menambahkan perabot secara berlebihan. Misalnya saja dengan menggunakan sofa minimalis tanpa menambahkan kursi lain. Atur juga dekorasi yang ada, anda bisa memilih dekorasi bergaya Japandi atau Scandinavian yang mementingkan fungsional ruang ketimbang ukurannya.

 

Menggunakan lampu untuk ilusi ruang lebih luas

3

roemahtepisawah

 

Tanpa disadari, pencahayaan dari lampu ruangan dipercaya dapat membuat interior ruang tamu jadi lebih luas. Lampu akan menyinari interior saat malam hari dan mencari dekorasi saat singat hari. Anda bisa memilih model lampu pada ruang tamu dengan berbagai jenis. Misalnya lampu gantung, downlight ataupun standing lamp sebagai lampu tambahan.

 

Maksimal pencahayaan agar ruang jauh dari kesan pengap

4

homeputri02

 

Ukuran yang kecil saat memiliki ruang tamu di rumah bukanlah masala. Asalkan ruang tersebut memiliki ventilasi maksimal untuk memberikan efek lega ke dalam ruangan. Misalnya saja dengan menambahkan jendela di sisi pintu utama rumah dengan kaca transparan sehingga ruang tamu terasa lebih dinamis dan detail dekorasinya tercipta apik. Jangan lupa untuk menambahkan cermin ataupun standing mirror yang berfungsi langsung sebagai dekorasi.

 

Memilih interior yang senada

5

ernasky

 

Untuk membuat ruang tamu kecil yang terkesan rapi dan lapang meski ukurannya terbilang kecil, anda bisa menghindari warna-warna yang mencolok untuk menghindari ruangan terlihat lebih gelap. Misalnya dengan warna abu-abu yang senada agar ruangan tetap dinamis dan lebih selaras. Maksimalkan detail rapi pada ruang tamu ini dengan sofa, dinding hingga gorden nuansa abu-abu yang modern. Dekorasi ringan seperti ini akan cocok jika anda buat konsep ruang tema monokrom rapi dan lebih stylish.

 

Dekorasikan ruang tamu kecil dengan sedikit tanaman hias

6

dekorasiruangtamu

 

Jangan pernah melupakan unsur tanaman hiaju meski ukuran ruang tamu di rumah kecil seperti ini. Ruangan yang identik dengan gaya estetik rustic warna soft beige ini membuat ruang kecil jadi tampak lebih lapang. Samakan pemilihan warna sofa dengan dinding ruangan serta dekorasi bahan rotan alami yang hangat. Terutama bagian dinding, anda bisa mempercantik dengan dekorasi rak geometris yang dipenuhi tanaman hias. Dengan begitu ruang tamu kecil akan tetap cantik dan nyaman jadi pilihan menerima tamu.

 

Memilih konsep open plan luas tanpa sekat

7

dekorasiruangminimalis

 

Trik terakhir untuk membuat ruang tamu kecil jadi lebih luas adalah membiarkan interiornya tanpa sekat ataupun adanya pembatas di sekitarnya. Cara ini sering dijadikan pilihan untuk rumah kecil dan berbagai interior ruang lain. Meski telah menggunakan konsep open plan tanpa sekat, anda bisa menyeimbangkan pemilihan interiornya dengan warna yang merata ataupun menyesuaikan size furniture untuk mengisi bagian dalam.

 

Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.

Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.

Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

 

 

Sumber: Homeshabby.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *