Untitled design (1)

7 Trik Menata Ruang Tamu Konsep Open Plan Jadi Makin Luas!

Posted on

Tinggal di permukiman modern dengan lahan terbatas akan pasti memiliki interior dengan konsep open plan di dalamnya. Dengan menggunakan konsep tersebut, tentu saja ruangan akan tergabung menjadi satu salah satunya adalah ruang tamu. Tapi hal ini bukanlah masalah untuk anda pusingkan, sebab ada banyak cara untuk mengatur ruang tersebut agar jadi rumah yang rapi dan nyaman. Untuk mendesain ruangan tersebut, anda bisa melakukan beberapa trik yang mudah dapat anda lakukan. Ide detailnya, bisa anda simak 7 Trik Menata Ruang Tamu Konsep Open Plan Jadi Makin Luas di bawah ini:

 

Menggunakan standing lamp untuk pembatas ruangan

1

homamemo

Ide pertama yang bisa anda lakukan untuk membuat ruangan terlihat luas dengan konsep open plan adalah menggunakan furniture seperti standing lamp untuk membatasi ruang tamu dan ruang keluarga disebelahnya. Dengan aksen dekorasi tersebut, akan membuat ruangan jadi terkesan lebih privasi meski hanya sedikit. Anda bisa membedakan kelengkapan ruangan tersebut salah satunya dari adanya sofa atau pun pemilihan karpet yang digunakan.

 

Mengubah tata letak sofa di ruangan

2

rumahaskaa

Trik selanjutnya untuk membuat ruang tamu terlihat manis meski dengan konsep open plan adalah memilih tata letak sofa yang digunakan. Pada ruang tamu ini menempatkan sofa di deretan kabinet televisi dan berbeda pada ruang televisi yang sofanya ditempatkan bersebelahan. Anda bisa menempatkan dekorasi pada ruangan ini di area yang terlihat sehingga tidak membelakangi sofa di ruangan. Untuk kesan yang rapi, susun tanaman hias di rak tanaman dan meletakkannya di tiap sudut area.

 

Tambahkan stool pada ruang tamu

3

renirenyyuliana

Agar menandakan ruang tamu dengan konsep open plan di rumah tidak dari pemilihan model sofa atau pun dekorasinya saja. Bahkan jika perlu anda bisa menambahkan lagi stool untuk tempat duduk tambahan dan juga sebagai pembatas yang minimalis. Selain itu penambahan perabot lain seperti coffee table yang hanya terdapat pada ruang tamu tidak perlu anda terapkan juga di ruang televisi. Dengan begitu kesan harmonis dan ruang yang lebih stylish tetap terlihat rapi.

 

Gunakan perbedaan warna pada ruangan lain

4

myhomeyls

Berikutnya adalah ruang tamu dan ruang makan yang menggunakan konsep open plan rapi nyaman. Secara keseluruhan, dekorasi pada ruangan ini tampak stylish, namun tampak berbeda dari pemilihan warna perabot yang digunakan. Misalnya saja untuk sofa ruang tamu yang sekaligus jadi ruang tamu dipilih warna kuning dan furniture kayu untuk satu set meja makan. Dengan membedakan warna perabot seperti ini, dekorasi ruang konsep open plan akan tetap nyaman digunakan bersama keluarga.

 

Menggunakan partisi model terbuka

5

ibun.gk

Setelah warna perabot yang berbeda pada tiap ruang, trik berikutnya ini dapat anda coba terapkan di rumah. Menggunakan partisi untuk pembatas ruangan ini akan membuat salah satu ruangan di rumah terlihat privasi dan nyaman. Ruang tamu konsep open plan ini pun memiliki detail dekorasi khusus yang estetik misalnya saja pemilihan karpet ruangan dengan motif futuristik triangle. Interior rumah pun tetap tampil senada dengan warna abu-abu yang membuat ruangan jadi lebih modern dan homey.

 

Ruang tamu konsep open plan dengan nuansa kuning

6

enji_monica

Trik untuk desain ruang tamu konsep open plan berikutnya adalah dengan pemilihan warna yang serasi meskipun fungsionalnya berbeda. Ruangan ini menggunakan nuansa kuning ceria yang menyegarkan dengan penataan rapi. Pemilihan sofa jadi focal point penting pada ruangan ini yang disamakan antara karpet ruang televisi. Anda tidak perlu mengubah penataan sofa atau pun tata letak dekorasinya, karena detail desain ini terlihat sangat pas untuk jadi tempat menerima tamu hingga berkumpul keluarga.

 

Menambahkan elevasi berbeda pada ruang open plan

7

la.vally

Mungkin banyak yang mengabaikan elevasi pada rumah dengan interior berkonsep open plan. Nah desain ini akan jadi pilihan menarik yang dapat anda terapkan di hunian. Ruang tamu dengan elevasi berbeda antara ruang makan di sebelahnya ini terlihat rapi meski tanpa adanya partisi untuk membatasi kedua ruangan. Dengan elevasi yang cukup dinaikkan ruangan ini pun akan menimbulkan visual apik dengan detail rapi.

 

Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.

Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.

Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

 

Sumber: Homeshabby.com