Untitled design

7 Trik Menata Taman Minimalis di Teras Rumah yang Sempit Ukuran 2×1 M

Posted on

Tidak lengkap rasanya apabila halaman depan rumah didesain tanpa sebuah taman yang cantik. Desain teras dengan taman menjadi salah satu pelengkap rumah agar tampil lebih memukau. Dengan kehadiran taman, selain memperindah hunian, taman juga bisa memberikan suasana rumah yang lebih sejuk. Tetapi masih banyak yang beranggapan bahwa untuk mendesain taman yang indah diperlukan lahan yang luas. Hal ini tidak sepenuhnya benar, bahkan taman berukuran kecil pun bisa anda desain dengan secantik mungkin. Justru taman mungil memiliki perawatan yang lebih mudah dan ekonomis.

 

Untuk membuat desain taman minimalis berukuran kecil, diperlukan trik khusus agar tampil lebih menawan. Apa saja tips dan triknya? Mari simak terlebih dahulu 7 trik menata taman minimalis di teras rumah yang sempit ukuran 2×1 meter dibawah ini. Beberapa contoh desain taman mungil berikut ini khusus dipersiapkan untuk anda.

 

Trik Edging pada Taman minimalis ukuran 2×1 meter dengan  kolam ikan

1 @yuvianggraeni26

 

Memiliki ukuran lahan yang mungil, tidak menjadi halangan bagi anda untuk membuat desain taman yang cantik. Meski berukuran mungil, taman depan rumah ini dibuat lengkap dengan kolam ikan mungil yang menyegarkan. Tips agar desain taman dan kolam ikan lebih rapi, anda bisa menerapkan teknik edging.

Karena lahan yang terbatas, pemilik menggunakan pagar dinding rumah sebagai pembatas yang fungsional. Sedangkan untuk membatasi area taman dan kolam, cukup taburkan beberapa batuan koral untuk tampilan yang lebih natural.

 

Taman minimalis di sudut teras

2

@wian_home

 

Sangat disayangkan apabila anda membiarkan lahan kosong di sudut teras milik anda. Padahal anda bisa mendesain taman cantik di sudut teras milik anda. Caranya pun cukup mudah, anda bisa menggunakan hamparan rumput hijau untuk melapisi permukaan tanah, sehingga akan menciptakan titik fokus yang asri di rumah.

Sedangkan untuk suasana rumah yang semakin segar, anda bisa menambahkan kolam portable dengan variasi model tiga level yang menambah kesan taman lebih estetik.

 

Taman ukuran 2×1 meter dengan batuan koral

3

@rumahdevaro

 

Terdapat banyak material yang bisa anda gunakan untuk membuat taman teras yang lebih cantik. Salah satunya material batuan koral, selain membuat vibes taman yang lebih natural, penggunaan batuan koral juga bisa menjadi area resapan saat musim hujan.

Desain taman berukuran 2×1 ini menggunakan dominasi material batuan koral yang menutupi seluruh permukaan taman. Pilihlah warna batuan yang cerah, sehingga taman pun akan terlihat lebih luas. Taman ini juga dididesain cantik dengan variasi jalan setapak dengan aksen papan kayu dibagian tengah.

 

Taman ukuran 2×1 meter sebagai tempat bersantai

4

@denipancas

 

Meski berukuran sempit, keberadaan taman bisa anda manfaatkan untuk berbagai aktivitas. Salah satunya dengan menyulap taman menjadi tempat bersantai hingga area tunggu tamu yang estetik. Ukuran kecil bisa anda siasati dengan berbagai trik jitu, seperti membuat taman mungil di area jalan masuk kedalam rumah seperti pada gambar. Anda bisa menanam langsung di tanah atau meletakkan tanaman hias di pot, bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan

Terakhir, anda hanya tinggal menambahkan kursi lipat didekatnya, jangan lupa lengkapi dengan coffee table untuk menempatkan koran dan camilan.

 

Taman ukuran 2×1 meter dengan fasilitas rak tanaman

5

@reni_revan.new

 

Dengan menghadirkan rak tanaman menjadi salah satu trik menarik untuk menata taman minimalis diteras mungil ukuran 2×1 milik anda. Desain rak kayu ini bisa anda variasikan bentuk dan ukurannya sesuai dengan kebutuhan dan luas lahan yang tersedia. Anda pun hanya tinggal menata potnya secara berjajar rapi diatasnya.

 

Tips agar taman lebih enak dipandang, gunakan model dan variasi pot yang seragam. Selain membuat tampilan lebih rapi, juga menjadikan keseluruhan desain taman lebih terorganisir.

 

Menata taman ukuran 2×1 meter dengan tanaman gantung

6

@mimihayra

 

Sarana pot gantung menjadi trik jitu untuk menyiasati keterbatasan lahan yang tersedia berikutnya. Tidak memakan banyak space tempat, anda hanya cukup menggantungkannya di langit-langit kanopi teras. Selain tanaman gantung, kehadiran elemen air dibawahnya juga memubat rumah terasa lebih asri. Apalagi dominasi penggunaan material yang ramah lingkungan seperti kayu dan batuan alam sukses menjadikan kesan taman yang lebih natural dan mewah.

 

Menata taman ukuran 2×1 meter di area pagar rumah

7

@lianamei1176

 

Manfaatkan area halaman, tepatnya di depan pagar untuk membuat desain taman minimalis. Kombinasikan dengan rak tanaman agar taman terlihat lebih rapi. Sedangkan untuk penataan tanaman yang lainnya, anda bisa mengelompokkan tanaman sesuai dengan jenisnya agar tampilan keseluruhan taman lebih teroganisir. Sehingga taman depan rumah berukuran 2×1 meter milik anda akan tampil lebih menarik dan estetik.

 

Itulah ketujuh trik menata taman minimalis yang bisa anda langsung terapkan dirumah. Ternayata untuk mendesain taman yang cantik, tidak selalu membutuhkan lahan yang luas. Di lahan yang kecil pun anda bisa memaksimalkan desain taman agar tampil lebih indah.

 

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.

 

Sumber: Desainrumahpedia.com