8 ide renovasi yang bagus untuk lahan kecil

8 Ide Renovasi yang Bagus untuk Lahan Kecil

Posted on

Renovasi perlu dilakukan saat ingin menambah ruang atau memperbaiki ruangan. Jika Anda memiliki sebuah bangunan kecil, lakukan ide renovasi berikut ini untuk untuk memaksimalkan lahan yang kecil. Anda bisa memiliki ruangan fungsional lengkap dengan ruang tamu, dapur, kamar tidur, dan kamar mandi –sebagaimana hunian pada umumnya.

Yuk, simak ulasan ide renovasi yang bagus untuk lahan kecil. Ide ini bisa diterapkan untuk Anda yang memiliki lahan yang super mungil.

 

  1. Material Batako yang Hemat Bujet

1

 

Masih punya lahan kosong atau bangunan lama yang tak terpakai? Anda bisa menjadikannya jadi ruang atau bahkan kamar kontrakan yang prospek. Bangunan bisa menggunakan material batako yang  hemat bujet. Meski terjangkau, batako tetap bisa memberikan rasa aman dan privasi ke dalam ruangan.

 

  1. Meninggikan Rangka Atap

2

 

Rumah ini nantinya akan dibuat dengan ruangan mezzanine kecil. Untuk itu, kerangka atap atau langit-langit dibuat lebih tinggi dari sebelumnya. Tujuan agar ruangan tidak terasa pengap dan panas. Plafon yang lebih tinggi akan memberi sirkulasi udara yang lebih baik. Rumah ini menggunakan kerangka atap dari baja ringan yang praktis dan tetap kuat.

 

  1. Membuat Tambahan Lantai

3

 

Meski pada lahan kecil, Anda masih bisa mendapatkan lebih banyak ruang. Tambahkan sebuah lantai mezzanine pada area yang diinginkan. Ruang mezzanine ini bisa dijadikan tempat penyimpanan atau ruang fungsional, seperti tempat belajar atau tempat kerja. Buat pondasi lantai sekuat mungkin untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan.

 

  1. Memberi Finishing Interior

4

 

Jika bangunan sudah diplester halus, saatnya untuk memberi cat pada dinding interior. Gunakan cat warna putih untuk memberi kesan ruangan yang lebih besar. Cat warna putih juga akan membuat ruangan terlihat bersih.

 

  1. Tampilan Akhir Renovasi

5

 

Setelah melalui proses renovasi, beginilah sekiranya tampilan ruangan atau rumah mini ini. Ruangan ini terbagi menjadi beberapa area. Ada ruang tamu dengan TV, kamar tidur, dapur, kamar mandi, dan lantai mezzanine. Akses menuju mezzanine menggunakan tangga ramping. Mezzanine juga dihias dengan dekorasi tematik.

 

  1. Kamar Tidur Minimalis

6

 

Meskipun mini, rumah ini masih memiliki sebuah kamar tidur. Tempat tidur lesehan cukup untuk mengisi lahan yang terbatas. Untuk memberi rasa nyaman, pemilik memasang semacam exhaust fan dan jendela. Dua fitur ini akan meminimalisir kamar tidur terasa panas dan pengap.

 

  1. Dapur Mini Compact

7

 

Lorong yang ada bisa digunakan jadi dapur mini. Dapur menggunakan meja cor dengan kabinet di bawahnya. Sebuah kabinet untuk meletakkan peralatan dapur bisa ditambahkan untuk penyimpanan perabotan dapur. Dapur pun jadi lebih rapi. Sayangnya, area dapur tidak memiliki cookerhood atau penghisap asap.

 

  1. Kamar Mandi Fungsional

8

 

Bagian paling belakang digunakan sebagai kamar mandi. Dalam dimensi 1 m x 1m, Anda bisa menempatkan bak air dengan toilet. Gunakan dinding untuk memasang wadah sabun dan rak peralatan mandi. Keramik lantai bertekstur akan memberi visual kamar mandi yang lebih modern dan lebih aman.

 

Terimakasih telah menyimak artikel Ide Renovasi yang Bagus untuk Lahan Kecil sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat.

 

 

Sumber: Helloshabby. com