Desain interior rumah sederhana nyaman tapi nggak bikin kantong bocor

Desain Interior Rumah Sederhana Nyaman Tapi Nggak Bikin Kantong Bocor

Posted on

Agaknya salah besar kalau masih ada anggapan, rumah yang bagus dan nyaman adalah rumah yang mewah dan besar. Memiliki hunian sederhana dengan desain dan ukuran minimalis pun nyatanya dapat memberikan kenyamanan dan kehangatan pada penghuninya. Kuncinya hanya terletak pada kebersihan dan penataan desain interior itu sendiri. Mau kecil, sederhana atau bagaimanapun bila penghuninya pandai menata dan menjaga kebersihan sebuah rumah, pasti akan nampak adem dan nyaman untuk ditempati.

 

Salah satu desain hunian sederhana tapi super nyaman adalah hunian yang akan kami ulas di bawah ini. Selayang pandang memang tampak seperti hunian yang ‘belum jadi’, tapi dari segi pondasi dan keamanan hunian ini sudah layak untuk dihuni. Dan pemiliknya menata dengan apik setiap ruangan yang ada, sehingga interior rumah terlihat bersih, adem dan tentunya sangat nyaman untuk ditempati. Lebih lengkapnya, mari kita simak ulasan Desain Interior Rumah Sederhana: Nyaman Tapi Nggak Bikin Kantong Bocor, berikut ini:

 

  1. Konsep Rumah Tumbuh: Berproses sambil Menabung Biaya Pembangunan Lanjutan

 

1

 

Rumah yang satu ini bisa dikatakan sebagai implementasi dari konsep rumah tumbuh. Dimana hunian akan dibangun secara bertahap. Konsep rumah tumbuh ini bisa menjadi alternatif solusi membangun rumah impian dengan lahan atau biaya yang minim. Konsep rumah ini sangat menekankan proses, yang membuat perjuangan mewujudkan rumah idaman terasa  semakin bermakna.

 

Meski dinding belum mengalami proses finishing sempurna, tapi dari struktur bangunan rumah dan dari segi keamanan, rumah ini tentu sudah layak untuk dihuni. Desain penataan ruang ditata seapik mungkin. Dinding unfinishing dipadukan dengan lantai plester yang dilapisi karpet lantai ala kayu parket yang membuat suasana terasa lebih adem. Bagian dinding pun masih bisa dimanfaatkan untuk memajang dekorasi, supaya suasana di ruangan ini jadi lebih terasa hidup.

 

  1. Desain Dapur Cor Minimalis Hemat Budget

 

2

 

Beralih ke ruangan dapur, Anda akan menemukan sebuah dapur minimalis. Dinding area dapur sudah mengalami tahapan plester dan dilapisi dengan keramik backsplash, supaya struktur dapur tahan terhadap kelembapan dapur dan tekanan panas dari proses memasak.

 

Desain meja dapur menggunakan model dapur cor permanen. Model dapur cor terbilang lebih tahan lama daripada model meja dapur lainnya. Bagian kolong dapur bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan perabot dapur, sehingga Anda tak perlu membeli kabinet tambahan. Cukup tutup area kolong dapur dengan tirai merah jambu untuk membuat dapur ini terlihat rapi dan menggemaskan.

 

  1. Area Basah yang Simpel dan Apik

 

3

 

Area basah yang dimaksud adalah kamar mandi dan ruang cuci yang didesain di satu area yang berdekatan. Mesin cuci diletakkan di depan kamar mandi/toilet, untuk memudahkan aliran air bekas cucian mengalir langsung ke saluran pembuangan yang sama di kamar mandi. Ini pun memudahkan pemilik untuk menyalurkan air ke mesin cuci. Pemilik tinggal menyambungkan selang ke keran air di kamar mandi, tak perlu mendesain keran atau saluran pembuangan baru.

 

Yang tak kalah menarik adalah desain toilet itu sendiri. Area lantai dipilih dari material keramik dengan permukaan bertekstur yang cukup anti-selip. Bagian dinding dipilih keramik bermotif bunga sulur yang memberikan aksen dan mempercantik kamar mandi di atas.

 

  1. Desain Ruang Tamu ala Industrial Style

 

4

 

Pernahkan, Anda mendengar istilah rumah industrial? Salah satu ciri khas rumah industrial adalah penggunaan dinding plaster atau disebut dinding unfinished style. Kemudian furnitur yang digunakan bisa menggunakan material kayu, bahan-bahan industri seperi besi/logam dsb. Meski tampak sederhana, tapi desain ruang tamu di atas sudah tampak seperti desain ruang tamu industrial. Apalagi adanya furnitur dari ban hitam yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat duduk, cukup menguatkan sentuhan industrial yang sederhana, namun terlihat unik.

 

  1. Penataan Minimalis Nggak Bikin Kantong Bocor

 

5

 

Yang dimaksud penataan minimalis adalah tidak banyaknya dekorasi dan furnitur yang diletakkan desain interior rumah sederhana ini. Ini membuat rumah tampak lebih lega. Di sisi lain, penataan ini juga membuat pemilik rumah lebih mudah untuk membersihkan setiap sudut rumah dengan maksimal. Karena sesuatu yang simpel sudah pasti lebih praktis. Tapi yang simpel tidak selalu terlihat biasa saja, bahkan rumah yang sederhana juga bisa disulap menjadi rumah yang nyaman untuk ditempati bersama.

 

Demikian ulasan desain interior rumah sederhana di atas.  Terimakasih telah menyimak artikel Desain Interior Rumah Sederhana: Nyaman Tapi Nggak Bikin Kantong Bocor sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat.

 

 

 

Source : helloshabby .com