Desain rumah spliz (split mezanin) dengan luas bangunan 40m2 walau kecil tapi banyak ruang

Desain Rumah SPLIZ (SPLit meZanin) dengan Luas Bangunan 40m2 Walau Kecil tapi Banyak Ruang

Posted on

Sekarang ini, tak usah risau lagi bila memiliki lahan yang terbatas untuk membangun rumah. Makin banyak desain rumah kecil yang dirancang menyesuaikan kebutuhan pemiliknya. Salah satunya, ide rumah split mezanin yang cukup populer baru-baru ini. Rumah split level dengan lantai mezanin memungkinkan kita untuk memiliki lebih banyak ruang dalam luas yang terbatas.

 

Desain rumah SPLIZ ini telah melalang buana dan menjadi favorit di banyak tempat.  Ini karena, desain dan penataan rumah yang modern, efektif dan efisien untuk lahan kecil. Simak ulasan mengenai rumah SPLIZ ini dalam Desain Rumah SPLIZ (SPLit meZanin) dengan Luas Bangunan 40m2 | Walau Kecil tapi Banyak Ruang.

 

Seputar SPLIZ HOUSE

1

cr:instagram/b.andn

 

Rumah SPLIZ adalah singkatan dari split dan mezanin. Rumah ini bisa dibangun di atas lahan 7×12 M dengan luas bangunan 40m2. Dari tampak luar, rumah ini tampak seperti rumah satu lantai pada umumnya. Namun, desain interior dengan furnitur compact dirancang apik agar memaksimalkan sirkulasi dan kebutuhan ruang.

 

Desain Fasad Rumah

2

Bangunan fasad rumah memiliki bentuk simetris yang modern dan mudah untuk diwujudkan. Bangunan depan rumah dilengkapi dengan jendela kaca yang untuk memberikan penerangan alami sampai ke dalam rumah. Area fasad juga dilengkapi  taman hijau minimalis untuk memberikan tampilan yang segar. Area carport bisa dibuat tanpa pagar, agar memberi kesan yang lebih terbuka.

 

Desain Ruang Tamu Minimalis

3

cr:instagram/b.andn

 

Karena ruang yang terbatas, baiknya ruang tamu dikonsep dengan gaya minimalis. Cukup letakkan furnitur inti seperti satu set sofa dengan meja kopi minimalis di dalamnya. Baiknya pilihan furnitur menggunakan warna netral untuk memberi kesan lega dan modern. Beri dekorasi tanaman hijau agar nuansa ruang tamu lebih segar dan tidak terlalu kaku.

 

Desain Dapur Terbuka

4

Area di bawah tangga lantai split dimaksimalkan sebagai dapur terbuka. Dapur ini menjadi satu ruang langsung dengan ruang tamu. Desain kitchen set memiliki layout U yang memungkinkan Anda untuk memiliki lebih banyak meja dan kabinet penyimpanan. Salah sisi satu meja juga bisa digunakan sebagai pembatas area dapur dan ruang tamu.

 

Desain Tangga dan Railing Split Level

5

cr:instagram/b.andn

 

Lantai utama dan lantai mezanin memiliki jarak yang tidak terlalu tinggi. Untuk itu, Anda bisa memilih model tangga kabinet seperti ini. Anak tangga terbuat dari material kayu solid yang cukup kokoh untuk dipijaki. Area di bawahnya langsung dibuat costum sebagai kabinet untuk penyimpanan peralatan rumah.

Sebagai pengaman, sisi-sisi lantai mezzanin dipasangi railing yang terbuat dari besi perforated metal.  Adanya railing ini menjadi pengaman agar hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.

 

Desain Nook yang Santai

6

Sudut lantai mezanin dimanfaatkan sebagai nook. Nook adalah sudut ruangan yang diubah menjadi tempat bersantai. Nook ini sudah dilengkapi alas duduk layaknya sofa kayu. Sudut santai ini memiliki kaca jendela buram sebagai penerangan alami dan penghawaan yang lebih segar.

 

Desain Kamar Tidur Utama

7

cr:instagram/b.andn

 

Pada rumah mezanin ini ukuran plafon dibuat tidak tinggi sekali. Untuk itu, penataan kamar tidur baiknya dengan tampilan minimalis seperti ini. Plafon dan sebagian dinding dicat putih untuk memberikan tampilan yang terang dan lapang. Kombinasi material kayu menambahkan kesan ruang yang lebih warm and cozy.

 

Desain Kamar Tidur ala Jepang

8

Desain kamar tidur ini bisa dijadikan sebagai kamar tambahan atau kamar tidur anak. Kamar tidur didesain dengan gaya ala kamar tidur Jepang. Dengan ranjang kayu, kabinet, rak buku dan meja belajar built-in. Desain furnitur terbilang compact dan ramping, sehingga tidak memakan banyak ruang di dalam kamar tidur.

 

Desain Kontruksi Bangunan Rumah

9

cr:instagram/b.andn

 

Rumah ini didesain sebaik mungkin supaya cahaya dan udara masuk ke dalam rumah dengan maksimal. Dengan begitu, hunian akan menciptakan kualitas hidup yang baik untuk penghuninya. Rumah dibangun dengan material fabrikasi, seperti beton/semen untuk bentuk bangunan yang simetris, atap datar dari material cor dan kaca dan aluminum untuk kusen dan jendela.

 

Tata Interior Ruang

10

Di lantai satu, setiap ruang berbentuk persegi atau persegi panjang yang khas arsitektur minimalis. Kamar tidur utama dilengkapi dengan kamar mandi dalam untuk menunjang kebutuhan pemilik rumah. Masih terdapat space di luar rumah yang bisa dimanfaatkan sebagai taman, teras dan ruang cuci jemur.

 

Interior Ruang Lantai 2/ Mezanin

11

cr:instagram/b.andn

 

Pada area lantai dua tidak semua lahan digunakan sebagai ruangan. Area void dibiarkan kosong untuk menjaga sirkulasi udara di dalam rumah. Masih terdapat ruang multifungsi yang bisa dijadikan untuk ruang keluarga atau ruang santai bersama.

 

Terimakasih telah menyimak artikel Desain Rumah SPLIZ (SPLit meZanin) dengan Luas Bangunan 40m2 | Walau Kecil tapi Banyak Ruang sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat.

 

Sumber: Helloshabby.com