SEKITARSEMARANG – Pada Senin (22/1/2024), Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Grace Natalie mengatakan bahwa dirinya sangat terpukau dengan gagasan yang disampaikan Cawapres Nomor Urut 2, Gibran Rakabuming Raka usai debat cawapres di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Ahad, Minggu lalu.

“Gagasan yang disampaikan oleh Gibran sangat bagus dan menarik. Semua tepat dibicarakan dalam pembahasan tersebut dan tidak mengandung unsur apapun.” Ucap Grace Natalie saat ditempui di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Grace Natalia dukung penuh narasi Gibran di Debat Ketiga Cawapres 2024 dan juga mengatakan bahwa dirinya menyayangkan narasi ‘tengil’ dan ‘tidak tahu sopan santun’ yang ditunjukan kepada Gibran usai debat cawpres tersebut. Menurutnya, Gibran berkontestasi tanpa menjatuhkan secara personal cawapres lainnya. Dirinya juga mengatakan bahwa informasi dari gagasan yang dibincangkan Gibran tidak menyampaikan informasi bohong, fitnah, dan hoaks.

“Narasi ‘tengil’ dan ‘tidak sopan santun’ tidak tepat ditujukan kepada Gibran. Seperti yang kita tahu juga, tidak ada satupun informasi yang disampaikan oleh gibran yang mengandung bohong, fitnah, ataupun hoaks.” Ujarnya.

Grace juga menegaskan jika harus membandingkan penampilan Gibran dengan penampilan Anies Baswedan serta Ganjar Pranowo dalam debat capres sebelumnya, Ahad (7/1/2024), terlihat sekali bahwa kedua Capres tersebut seperti berlomba-lomba untuk mem-bully Prabowo Subianto dengan memberikan nilai rendah atas performa kerjanya, serta mengeluarkan info negatif yang salah terkait dengan kepemilikan lahan.

“Jika harus membandingkan tentang sopan santun, maka debat capres sebelumnya sangat terlihat. Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo terlihat menyerang Pak Prabowo, menilai rendah, dan mengatakan info yang tidak benar tentang kepemilikan lahan.” Tuturnya.

Jika dibandingkan kembali, Grace mengatakan bahwa Umur dari Prabowo sendiri adalah 72 tahun, sementara umur dari Anies 54 tahun, dan Ganjar 55 tahun. Jika dibandingkan, Prabowo seharusnya dihormati dan di hargai tanpa harus menyerang secara personal hanya karena kalah suara.

“Jika mereka berdua dibandingkan dengan umur Pak Prabowo, Masih bocil dong? tapi kok gaada yang bilang mereka tengil? Kami bahkan hingga saat ini tidak mengatakan mereka tengil atau tidak tahu sopan santun.” Ucap Grace.

Dalam debat adu gagasan antara ketiga cawapres tersebut , diketahui sedang membahas topik seputar pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa. Adu gagasan tersebut dinyatakan terjadi dengan sangat panas setelah terlihat Gibran seperti mendesak kedua calon lainnya dengan gagasan yang dirinya katakan.