Desain tanpa judul (2)

Ide Dapur Tanpa Kabinet Atas yang Praktis, Hemat dan Tetap Rapi

Posted on

Salah satu cara untuk menyiasati ukuran dapur yang kecil adalah meniadakan kabinet atas. Tanpa kabinet atas, dapur bisa tampak lebih lega. Selain itu, meniadakan kabinet atas juga sedikit meringankan biaya renovasi dapur, sebab Anda tak perlu membeli kabinet atas yang harganya bisa lumayan pricey. Dapur tanpa kabinet di area dinding pun terbukti masih tetap berfungsi dengan baik.

 

Cara lain untuk mengganti kabinet penyimpanan atas adalah memasang rak ambalan atau meletakkan beberapa furnitur dapur dalam tempat-tempat lain. Nah, bila Anda memerlukan inspirasi penataan dapur yang praktis dan efisien, berikut ini ulasan Ide Dapur Tanpa Kabinet Atas yang Praktis, Hemat dan Tetap Rapi.

 

Dapur Mini yang Praktis dan Cute

1

cr:instagram/rumah.nunna

 

Alih-alih memasang kabinet atas, pemilik memaksimalkan penyimpanan dengan meletakkan beberapa rak dan boks-boks kontainer di lantai dapur. Beberapa boks kontainer didesain di bawah meja dapur, sehingga menyerupai kabinet di bawah meja. Rak dan boks-boks tersebut berfungsi untuk meletakkan beragam perabot masak dan bumbu dapur. Desain furnitur dan dekorasi dapur juga dipilih dalam warna baby pink dan warna pastel, supaya dapur terlihat cute.

 

Dapur Tanpa Kabinet Atas yang Putih Bersih

2

cr:instagram/momjerofficial

 

Dapur yang putih bersih memang sedap dipandang mata. Dapur dengan nuansa warna putih memangĀ  cenderung lebih mudah terlihat kotor, namun ini juga akan membuat kita lebih rajin membersihkannya.

 

Bila biasanya bagian kolong dapur ditutup tirai mini, Anda bisa membiarkannya polos seperti ini. Pastikan saja tidak banyak barang berserakan di bawah kolong meja, sehingga tetap terlihat rapi. Tanpa tirai kolong dapur, Anda juga lebih mudah mengontrol kebersihan kolong dapur. Bagian dinding dapur dipasang rak ambalan untuk menopang beragam bumbu dapur. Saat memasak, Anda perlu mengambil bumbu masak dengan cepat dan mudah.

 

Dapur Tanpa Kabinet Atas yang Segar dan Terang

3

cr:instagram/oktavianti_utami

 

Jendela atau ventilasi udara baiknya selalu dihadirkan pada sebuah desain dapur. Dinding yang biasanya dipasangi kabinet atas bisa diganti dengan jendela awning minimalis. Jendela ini berfungsi sebagai pengganti cooker hood penyedot asap, supaya asap dan bau masakan bisa tergantikan oleh udara segar. Jendela ini juga membantu dapur selalu kering dan bebas lembap.

 

Dapur Hijau Praktis tanpa Kabinet Atas

4

cr:instagram/ikamulyani_kiyut

 

Barangkali dari kita ada yang masih menggunakan kompor sumbu, desain dapur ini bisa ditiru. Bagian meja yang menopang kompor dibuat lebih pendek sehingga ketinggian kompor sejajar dengan tinggi meja dapur utama. Dengan begitu, memasak jadi tetap nyaman. Batang penopang khusus dipasang untuk memudahkan Bunda meletakkan peralatan masak dan lap dapur. Desain dapur dipilih dalam kombinasi hijau dan putih supaya ruangan terlihat segar dan tetap rapi.

 

Dapur Sebaris yang Simpel dan Kekinian

5

cr:instagram/rumahmasagini

 

Dapur masa kini banyak mengusung desain minimalis ala Skandinavian yang sangat khas. Dapur ini menghadirkan nuansa warna putih dan cokelat terang untuk memberikan tampilan dapur yang terasa cozy. Dapur ini diletakkan dalam area sebaris membuatnya sangat cocok dijadikan model dapur linear (one wall layout). Kabinet atas diganti dengan rak gantung untuk meletakkan panci dan rak ambalan untuk meletakkan bumbu masakan. Area kolong dapur sendiri ditutup dengan tirai mini supaya dapur terlihat rapi dan tampilan jadi lebih kekinian.

 

Dapur tanpa Kabinet dengan Penyimpanan Maksimal

6

cr:instagram/rumahcaca

 

Meski tidak memiliki kabinet atas, ada banyak tempat untuk meletakkan dan menata perabot dapur. Area kolong meja dapur salah satunya. Anda bisa meletakkan berbagai bentuk rak di bawah meja, supaya peralatan dapur tersimpan rapi. Selain itu, tak ada salahnya tetap menghadirkan rak besi susun di samping meja dapur untuk memaksimalkan penyimpanan. Daripada Anda kerepotan harus membuka kabinet atas dan mencari bumbu masak, pilihan rak ambalan untuk tempat bumbu masak terbilang lebih praktis. Saat diperlukan Anda hanya perlu mengambil dari rak terbuka lalu membumbui masakan favorit.

 

Sumber: Helloshabby.com