Desain tanpa judul (2)

Ide Makeover Rumah Lama jadi Berasa Kekinian

Posted on

Seiring waktu, rumah yang telah lama dihuni akan memudar keindahannya bahkan tak jarang membawa kerusakan yang harus diperbaiki. Misalnya, dinding rumah yang mulai memudar, atap bocor dan lain sebagainya.

 

Jika dana sudah terkumpul, tak ada salahnya melakukan renovasi penting di rumah. Renovasi akan membuat rumah kembali layak huni dan aman untuk keluarga. Sebagai inspirasi, kami telah hadirkan 9 ide before-after rumah lama yang ‘didandani’ ulang jadi bergaya kekinian.

 

Simak ulasannya dalam ide makeover rumah lama jadi berasa kekinian.

 

Before: Ruang Utama yang Berantakan

1

Ezzek Generic

 

“Ruang yang digunakan pasti berantakan”. Anggapan ini harus segera dihilangkan dari mindset kita. Ruang yang berantakan berdampak pada kualitas hidup yang rendah. Ini juga bisa membuat stres dan mengundang tikus juga serangga penyakit. Jika sudah banyak barang berserakan, ide renovasi paling mudah ya dengan membersihkannya.

 

After: Ruang Utama yang Better dan Better

2

Ruangan ini sudah direnovasi pemiliknya. Dinding peach yang kotor dan pudar diganti dengan warna putih untuk kesan ruang yang bersih dan lapang. Ruangan yang rapi dan terang pastinya lebih nyaman untuk ditinggali. Renovasi disempurnakan dengan memasang railing pada tangga untuk keamanan.

 

Before: Kamar Mandi Multifungsi

3

Ezzek Generic

 

Kamar mandi dibiarkan apa adanya. Toilet tanpa tutup memang bisa digunakan, tapi mengurangi estetika kamar mandi. Kamar mandi juga digunakan sebagai area mencuci baju. Walau fungsional, sebenarnya mesin cuci di kamar mandi tidak diperkenankan karena bisa berakibat fatal, seperti risiko tersetrum dan mesin yang mudah rusak.

 

After: Kamar Mandi Minimalis yang Ideal

4

Mesin cuci kemudian dikeluarkan dari kamar mandi. Area ini lebih difungsikan jadi toilet kering. Lantai keramik tergantikan oleh lnatai keramik berpola gurat kayu dalam warna abu-abu. Dinding keramik putih juga diubah menjadi keramik abu-abu gelap dalam pola batu alam. Toilet pun jadi tampak lebih bergaya.

 

Before: Lantai 2 dengan Triplek

5

Ezzek Generic

 

Sebelumnya, area lantai dua terutama tangga tidak memiliki railing. Bagian dinding pemisah pun hanya menggunakan papan triplek tebal. Meski kurang ideal, tapi dinding triplek ini sudah bisa memberi fungsi pembatas dan pengaman di lantai dua.

 

After: Bye bye Triplek

6

Area ini di-makeover dengan optimal. Triplek dihilangkan dan diganti railing besi dan kayu yang lebih kuat. Railing besi juga memberi tampilan yang elegan. Lantai juga direnovasi dengan menggunakan model keramik bernuansa kayu untuk suasana yang lebih homey dan kekinian.

 

Before: Sudut Penyimpanan Serba Ada

7

Area sudut lantai dua digunakan untuk menaruh lemari penyimpanan. Semua barang, terutama barang tidak terpakai diletakkan di situ. Ini membuat sudut jadi gudang yang membuat ruangan terlihat berantakan.

 

After: Sudut yang Kosong dan Cozy

8

Ezzek Generic

 

Barang berantakan sebelumnya ditata atau baiknya dibuang jika sudah tak digunakan. Dinding vertikal bisa ditambahkan woodplank untuk nuansa yang lebih nyaman kekinian. Pemasangan jendela sliding juga dioptimalkan dengan memasang roller bind untuk menambah privasi di lantai dua.

 

Terimakasih telah menyimak artikel Ide Makeover Rumah Lama jadi Berasa Kekinian sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat.

 

Sumber: Helloshabby.com