Inspirasi rumah sederhana dengan interior istimewa dan super cozy!

Inspirasi Rumah Sederhana dengan Interior Istimewa dan Super Cozy!

Posted on

Sederhana di luar, istimewa di dalam. Agaknya kalimat tersebut sangat pas untuk menggambarkan desain rumah di atas. Bila biasanya rumah direnovasi atau dibangun ke arah kiblat modern atau American, rumah ini mengusung gaya sederhana dengan sentuhan culture setempat. Rumah pun jadi  terasa lebih sejuk, cerah dan nyaman ditinggali bersama keluarga tercinta.

 

Rumah ini memang sangat khas dengan gaya arsitektur Brazil. Tapi negara Brazil sendiri memiliki iklim tropis yang sama dengan negara kita. Pemilihan furnitur dan dekorasi pun cenderung serupa dan mudah didapat di sekitar kita. Dengan begitu, bila Anda tertarik Anda bisa mencoba inspirasi hunian ini sebagai ide renovasi rumah Anda.

 

Desain Fasad Rumah yang Simpel

1

Tampilan fasad dibuat sederhana namun tetap fungsional. Tidak banyak aksesoris yang ditempatkan di area fasad. Bagian muka rumah dimanfaatkan sebagai teras dan taman kaktus minimalis. Alih-alih kursi, pemilik memasang hammock (tempat tidur gantung) sebagai tempat bersantai di teras. Taman kaktus pun bisa dipilih untuk Anda yang ingin lebih praktis dalam merawat tanaman.

 

Rumah Tampak Samping

2

td.arquitetura

 

Struktur muka bangunan pun dibuat lebih simpel. Berbentuk simetris dengan desain yang sederhana. Dinding dibuat dengan dua model, yaitu dinding semen dan dinding dari plank-plank kayu. List-list kayu yang nampak dari luar memberikan dinamika visual pada fasad rumah. Finishing pun dipilih dalam kombinasi warna biru, putih dan sedikit hijau supaya rumah terlihat cerah, sejuk dan lebih tropis.

 

Sedangkan struktur atap rumah menggunakan atap genteng tanah liat. Genteng tanah liat cenderung murah, ramah lingkungan dan tetap bisa membuat rumah jadi lebih adem.

 

Ruang Tamu Minimalis dengan Nuansa Rustik

3

 

Gaya rumah tradisional Brazilian, tak jauh beda dengan rumah tradisional di Indonesia. Ini terlihat dari penggunaan elemen kayu natural sebagai furnitur utama ruangan. Seperti ruang tamu di atas, furnitur kayu dan dekorasi rustik (tampah dan kap lampu) memenuhi ruang tamu dengan sangat pas.

 

Meski cenderung kecil dan minimalis, ruang tamu tetap terlihat terang dengan adanya jendela dan ventilasi terbuka. Bukaan tersebut bukan hanya menerangi ruangan, tapi juga membuat ruangan selalu kering dan segar.

 

Ruangan Open Space tanpa Plafon

4

td.arquitetura

 

Karena ukuran lahan rumah yang terbatas, sebagian ruang dibuat dalam konsep open space (ruang terbuka). Ruangan ini menyatukan ruang tamu dan ruang makan di area yang sama. Desain keduanya tampak berbeda, sehingga memberikan atmosfir yang berbeda. Area ruang makan dipenuhi dengan dekorasi etnik yang sangat khas dan cukup ramai.

 

Desain interior pun dibuat tanpa plafon yang menutup struktur atap. Tanpa plafon, struktur atap yang tersusun rapi akan nampak dari luar. Ini bisa menjadi nilai plus. Pemilik tak perlu mengeluarkan dana untuk plafon tambahan, rumah pun makin kental akan nuansa tradisional etnik.

 

Taman Kaktus Unik di dalam Rumah

5

 

Masih terdapat sedikit space yang bisa dimanfaatkan sebagai taman. Daripada taman hijau yang subur, pemilik memilih desain taman tandus seperti di atas. Kesan tandus terlihat dari alas taman yang dipenuhi batuan bulat yang kering. Apalagi jenis tanaman yang dipilih yaitu kaktus sebagai tanaman khas padang pasir. Taman ini diletakkan di antara dua ruang yang tidak mungkin dilalui penghuni. Sehingga, area ini hanya berfungsi untuk menambah visualisasi dan menghantarkan angin segar ke dua ruang di sebelahnya.

 

Dapur dan Mini Bar Terbuka

6

td.arquitetura

 

Berikutnya, Anda akan menjumpai sebuah kabinet dengan peralatan dapur di atasnya. Kabinet ini merupakan bagian dari dapur kering. Dapur kering hanya dimanfaatkan untuk membuat makanan praktis seperti sereal, membuat kopi, dan sejenisnya. Sedangkan, dapur basah tampak dibuat di luar area rumah dengan meletakkan kulkas utama di luar ruangan. Dapur basah yang terdapat di ruang terbuka terbilang lebih efisien, tanpa khawatir penghuni lain terganggu aktivitas memasak.

 

Desain Kamar Tidur Minimalis

7

 

Desain kamar tidur pun dikonsep dalam tema minimalis. Tidak banyak dekorasi atau furnitur yang memenuhi ruang tidur. Hanya furnitur inti seperti kasur, almari, meja sudut dan ampu gantung. Kamar pun didekorasi dengan sederhana tapi bermakna, seperti menggantung foto-foto kenangan di dalam bingkai. Meski kecil, berkat jendela yang memadai, kamar akan tetap segar, bebas lembab dan bebas jamur.

 

Desain Taman Teras Terbuka

8

td.arquitetura

Desain interior rumah memang dibuat dalam desain yang minimalis dengan ukuran yang kecil. Tapi, pemilik tetap membuat sebuah ruang terbuka yang digunakan untuk bersantai. Taman teras ini memanfaatkan halaman terbuka di area rumah. Desain taman hampir serupa dengan taman lain, yaitu taman kering dengan batuan dan kaktus. Taman teras ini bisa juga dijadikan tempat untuk acara barbeque atau membuat sate bersama anggota keluarga.

 

Terimakasih telah menyimak artikel Inspirasi Rumah Sederhana dengan Interior Istimewa dan Super Cozy! sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat.

 

Sumber: Helloshabby.com