Desain tanpa judul (19)

Tanaman Rumah yang Bisa Tumbuh Di Air

Posted on

Merawat tanaman memang menyenangkan. Anda akan mendapatkan banyak manfaat. Udara di ruangan akan jadi lebih bersih dan sehat. Apalagi sudut kosong yang akan terlihat lebih cantik dengan tanaman hias di situ.

 

Tanaman juga begitu unik. Beberapa tanaman bahkan bisa tumbuh di air tanpa banyak perawatan. Water propagation atau teknik perbanyak tanaman di air adalah cara unik dan asik untuk merawat tanaman.

 

Yuk, cari tahu tanaman apa saja yang bisa tumbuh di air. Inilah tanaman rumah yang bisa tumbuh di air.

 

Lili Paris

1

instagram/purrfectplants

 

Lili paris dikenal juga dengan nama spider plant (Chlorophytum comosum). Tanaman ini bisa tumbuh di air dalam waktu yang lama. Seiring waktu, akarnya yang rimbun akan tumbuh di air serimbun dedaunnya. Pastikan daunnya tidak ikut terendam agar tidak busuk. Ganti juga airnya selama 5-7 hari untuk membuat si lili paris bahagia di air.

 

Sirih Gading

2

instagram/sunshineandflora

 

Sirih gading atau golden pothos adalah jenis tanaman yang sangat mudah untuk diperbanyak. Tanaman ini juga bisa tumbuh di air, bahkan tanpa perawatan berlebih. Sirih gading akan menumbuhkan akarnya yang kuat untuk ditanam di media tanah. Letakkan pada jar gelas untuk mendapatkan tampilan yang segar nan memukau.

 

Sukulen

3

instagram/kellogggarden

 

Siapa yang tidak tahu sukulen? Tanaman berdaun tebal ini juga mudah untuk diperbanyak dengan teknik water propagation (menumbuhkan akar di air). Potong beberapa bagian sukulen dan masukkan ujungnya ke dalam air. Pastikan batang atau daun tebalnya tidak tersentuh air, untuk menghindari pembusukkan. Tunggu selama dua sampai tiga minggu untuk memproduksi akarnya. Sukulen pun siap ditanam di pot yang tersedia.

 

Lidah Mertua

4

instagram/ohiotropics

 

Lidah mertua atau sansevieria. Anda bisa memotong bagian daun yang sehat untuk dikembang-biakkan sebagai tunas baru tanaman ini. Letakkan seteng potongan pada gelas atau jar bening berisi air bersih. Letakkan pada tempat dengan cahaya terang, tidak langsung.  Ganti airnya selama beberapa hari dan tunggu sampai akarnya tumbuh.

 

Philodendron Burle Marx

5

instagram/plantastic_sanni

 

Banyak orang terkesima tanaman philodendron Burle Marx. Tanaman ini memiliki daun hijau memanjang berbentuk hati. Pastinya, siap menyegarkan ruangan di rumah. Harga setiap tunas terbilang mahal dari ribuan hingga jutaan.

 

Jika Anda ingin memperbanyak tanaman ini, cukup potong satu batang dengan dedaunan yang sehat untuk diperbanyak dan ditumbuhkan akarnya di air untuk ditanam pada tanah.

 

Ubi Jalar

6

instagram/meisbitawi

 

Tak hanya tanaman hias, tanaman pangan seperti ubi jalar atau sweet potato juga bisa tumbuh di air. Anda hanya perlu meletakannya pada jar bening seperti ini. Biarkan akarnya tumbuh dari umbi dan menghasilkan batang dengan dedaunan yang hijau yang rimbun. Meksi tanaman sederhana, tapi visual seperti ini layak untuk dijadikan dekorasi rumah.

 

Terimakasih telah menyimak artikel Tanaman Rumah yang Bisa Tumbuh Di Air sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat.

 

Sumber: Helloshabby.com