Desain tanpa judul (17)

Tanaman Sayur & Bumbu yang Super Mudah Ditanam Di Rumah

Posted on

Selain tanaman hias, tak ada salahnya untuk menanam tanaman sayur dan rempat di rumah. Tanaman sayur dan bumbu pastinya juga bermanfaat, terutama bagi Bunda yang selalu memasak tiap hari. Saat rempah atau sayur yang dibutuhkan lupa tak terbeli, tinggal petik tanaman yang ada di kebun. Masakan pun terasa lebih sempurna.

Menanam sayur dan rempah juga tak selalu membutuhkan lahan luas. Lahan sekecil apapun bisa jadi media bagus untuk menumbuhkan mereka. Yuk, simak beberapa tanaman sayur & bumbu yang super mudah ditanam dirumah.

 

Menanam Wortel dari Wortel

1

instagram/kebunemma

Wortel adalah salah satu tanaman sayur yang mudah ditumbuhkan lagi dari potongannya. Anda hanya perlu kontainer mika sebagai media menumbuhkan akarnya. Sisakan seperempat bagian kepala wortel. Kemudian rendam bagian tersebut pada air yang dimasukkan ke dalam mika. Tunggu satu minggu hingga akarnya terbentuk dan pindahkan ke dalam pot.

Sayangnya, penanam metode ini hanya bisa menumbuhkan daun dan bunganya. Akar wortel yang bisa kita makan tidak akan tumbuh dari metode ini.

 

Bok Choy (Sawi Sendok)

2

Gatdenerspath

Bok choy atau sawi sendok memiliki rasa yang segar dan nikmat saat dijadikan sajian. Anda bisa menanam bok choi di rumah hanya dengan potongan bok choy itu sendiri. Pastikan bagian bawah tanaman masih segar dan utuh. Rendam bagian tersebut pada gelas berisi air jernih. Letakkan dekat jendela dan selalu ganti air 1-2 hari. Bok choy pun akan kembali menumbuhkan daun segarnya.

 

Kemangi dari Bijinya

3

Egik Miftah

Kemangi membuat rasa masakan begitu sedap. Beruntungnya, tanaman ini juga mudah sekali untuk ditumbuhkan. Biji dari kemangi yang kita beli di pasar sayur bisa dijadikan bibit untuk menanam kemangi yang sehat dan rimbun.

Anda hanya perlu menyebarkan bibit pada tanah dalam pot kecil atau lahan yang disediakan. Siram 2 hari sekali dan tunggu sampai biji bertunas dan menumbuhkan kemangi kecil. Semakin lama kemangi akan semakin rindang. Anda tinggal petik kemangi saat dibutuhkan.

 

Serai

4

HGTV

Serai juga adalah tanaman rempah yang membuat masakan makin nikmat. Tanaman ini juga sangat mudah untuk ditanam. Potongan bagian akar serai bisa direndam dalam air hangat. Kemudian pindahkan dalam pot kecil dan beri perawatan yang baik. Saat lupa membeli serai, Anda bisa ke kebun dan memanen serai yang ditanam.

 

Daun Mint

5

Cynthia Coffield – Likely By Sea

Dari satu batang kecil jadi rimbun. Tanaman mint bisa dengan mudah ditanam di rumah. Caranya seperti yang tertera pada gambar. Bersihkan potongan batang mint untuk direndam pada air bersih. Pastikan daunnya tidak ikut terendam. Tunggu beberapa hari sampai akarnya muncul.

Jika sudah siap, bersihkan akar dari air dan tanam dalam pot. Meski dalam pot kecil, tanaman mint akan tumbuh rimbun dan cocok untuk es teh  mint kesukaan.

 

Selada

6

Bibit Bunga

Selada sering kali jadi lalapan favorit untuk ayam bakar. Tanaman sayur ini memberi rasa krenyes yang menyegarkan. Selada bisa ditanam dengan cara hidroponik atau media tanah. Selada membutuhkan tanah yang lembab dan mengandung humus. Selada biasanya lebih cepat tumbuh pada dataran rendah.

 

Terimakasih telah menyimak artikel Tanaman Sayur & Bumbu yang Super Mudah Ditanam Di Rumah sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat.

 

Sumber: Helloshabby.com